Rabu, 28 November 2007

ASANG SUDAH BOLEH KELUAR DARI RUMAH SAKIT




Surat-e Sarmedi di milis Sigumonrong 28/11/07:


Halo Udin dan all Gonrongs,

FYI Asang (Bapaknya Jordi) sudah diizinkan dokter Indra pulang hari ini. Jordi akan menjemput dan bawa ke Sondi dengan mobilnya jam 14.00.

Karena pendarahan di otak (subarachnoidal bleeding) selama ini sering kesadarannya terganggu. Tapi sekarang kesadarannya sudah pulih sebagian, sudah bisa duduk, bicara, walaupun orangnya masih agak apatis, tidak suka banyak bicara kalau tidak diajak ngomong. Tensinya sudah normal kira-kira 130/90 mmHg. Untuk sementara dia bisa bergerak dengan bantuan kereta duduk beroda karena belum kuat jalan. Memang begitulah gejala penyakit ini karena oedem yang mempengaruhi kerja syaraf otaknya.


Tadi pagi saya dikunjung Musa Purba, mantan tukang kebun saya dulu di RS Bethesda Sarabudolok (sekarang menantu Jintan Saragih Garingging, Sondi) untuk minta dikasi kerjaan. Dia bilang bapak Asang itu makannya hanya super mi pagi siang dan sore, jadi sakitlah, katanya. Memang benar juga, gizi banyak mempengaruhi proses penuaan. Karena itu saya anjurkan kepada S19, makanlah makanan yang bergizi baik, buatlah upaya agar proses penuaan tubuh diperlambat.

Secara gamblang yang harus dilakukan adalah gizi makanan dengan makanan yang berserat 50 % dari total konsumsi. Hindri lemak berlebihan atau asinan. Berat badan harus mendekati BB ideal. Kegemukan adalah salah satu faaktor yang mempercepat kerusakan organ tubuh kita. Kemudian perlu cek kesehatan minimal 1x1 tahun: kolesterol, fungsi hati dan ginjal, gula, tekanan darah, dll. Salah satu penyebab kerusakan organ tubuh kita di Indonesia adalah kemiskinan.

Program anti aging medicine harus dimulai dengan umur 35 tahun. Jadi bukan ditujukan hanya kepada kami yang di atas 60, he he he.

Bacalah banyak nasehat di internet. Klik anti aging medicine di SEACH google atau yahoo. Banyak yang bisa dipelajari.

Saya senang dengan pertemuan meriah S19 di puncak. Ada peningkatan. Nanti kami Sigumonrong di Siantar Medan akan pergi ke Samosir aja deh, arisan sambil piknik.

Salam
Sarmedi

Tidak ada komentar: